Address
304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124
Work Hours
Monday to Friday: 7AM - 7PM
Weekend: 10AM - 5PM
Address
304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124
Work Hours
Monday to Friday: 7AM - 7PM
Weekend: 10AM - 5PM
Pendahuluan
Kurikulum 2013 (K13) menekankan pada pembelajaran tematik integratif, yang menggabungkan berbagai mata pelajaran dalam satu tema. Hal ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih holistik dan kontekstual kepada siswa. Tema 7 untuk kelas 4, "Indahnya Keragaman Negeriku," mengajak siswa untuk menjelajahi kekayaan budaya, sosial, dan ekonomi Indonesia.
Pembelajaran Berbasis Tema (PB) 3 dalam tema ini fokus pada pemahaman siswa tentang keragaman agama, kepercayaan, dan budaya di Indonesia, serta bagaimana keragaman ini memengaruhi kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat. Untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi ini, diperlukan bank soal yang komprehensif dan variatif. Artikel ini akan menyajikan contoh bank soal K13 kelas 4 tema 7 PB 3 yang mencakup berbagai aspek penting dalam pembelajaran.
Tujuan Pembelajaran PB 3 Tema 7 Kelas 4
Sebelum menyusun bank soal, penting untuk memahami tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam PB 3 tema 7. Tujuan pembelajaran ini meliputi:
Struktur Bank Soal
Bank soal ini akan dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu:
Setiap bagian akan mencakup soal-soal yang menguji pemahaman siswa tentang berbagai aspek penting dalam PB 3 tema 7.
Bagian I: Pilihan Ganda
Agama yang diakui secara resmi di Indonesia adalah…
a. Islam, Kristen, Hindu, Buddha, Konghucu, dan Animisme
b. Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Taoisme
c. Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu
d. Islam, Kristen, Protestan, Hindu, Buddha, dan Konghucu
Kitab suci agama Islam adalah…
a. Alkitab
b. Wedha
c. Tripitaka
d. Al-Qur’an
Rumah ibadah umat Kristen adalah…
a. Masjid
b. Gereja
c. Pura
d. Vihara
Upacara Ngaben adalah upacara adat yang berasal dari agama…
a. Islam
b. Kristen
c. Hindu
d. Buddha
Salah satu contoh pakaian adat dari Sumatera Barat adalah…
a. Kebaya
b. Batik
c. Ulos
d. Baju Kurung
Tarian Saman berasal dari daerah…
a. Aceh
b. Sumatera Utara
c. Sumatera Barat
d. Riau
Rumah adat Tongkonan berasal dari daerah…
a. Sumatera Utara
b. Sulawesi Selatan
c. Kalimantan Timur
d. Papua
Sikap yang tepat terhadap teman yang berbeda agama adalah…
a. Mengejeknya
b. Menjauhinya
c. Menghormatinya
d. Mengabaikannya
Gotong royong adalah…
a. Kerja sendiri-sendiri
b. Kerja sama untuk mencapai tujuan bersama
c. Kerja paksa
d. Kerja yang dibayar mahal
Contoh kegiatan gotong royong di lingkungan sekolah adalah…
a. Mengerjakan PR sendiri
b. Membersihkan kelas bersama-sama
c. Berantem dengan teman
d. Mencontek saat ujian
Bagian II: Isian Singkat
Bagian III: Benar atau Salah
Bagian IV: Menjodohkan
Jodohkanlah pernyataan di kolom A dengan jawaban yang tepat di kolom B.
| Kolom A | Kolom B |
|---|---|
| 1. Hari Raya Natal | a. Pura |
| 2. Kitab Wedha | b. Masjid |
| 3. Rumah ibadah umat Hindu | c. Gereja |
| 4. Rumah ibadah umat Islam | d. Baju Bodo |
| 5. Pakaian adat dari Sulawesi Selatan | e. Hari Raya Nyepi |
| 6. Contoh tarian dari Jawa Tengah | f. Wedha |
| 7. Hari besar umat Hindu | g. Tari Serimpi |
| 8. Contoh makanan khas Sumatera Barat | h. Toleransi |
| 9. Sikap menghargai perbedaan agama | i. Rendang |
| 10. Sikap tolong menolong dalam masyarakat | j. Gotong Royong |
Bagian V: Uraian
Kunci Jawaban
Kunci jawaban untuk soal-soal di atas akan disediakan terpisah untuk memudahkan guru dalam memeriksa jawaban siswa. Kunci jawaban harus mencakup jawaban yang lengkap dan jelas untuk setiap soal, serta memberikan alternatif jawaban yang mungkin benar.
Penutup
Bank soal ini diharapkan dapat menjadi sumber referensi bagi guru kelas 4 dalam menguji pemahaman siswa tentang tema 7 PB 3, "Indahnya Keragaman Negeriku." Dengan variasi soal yang beragam, guru dapat mengevaluasi pemahaman siswa secara komprehensif dan memberikan umpan balik yang konstruktif. Selain itu, bank soal ini juga dapat membantu siswa untuk mempersiapkan diri menghadapi ulangan atau ujian.
Penting untuk diingat bahwa bank soal ini hanyalah contoh dan dapat dimodifikasi atau ditambahkan sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa di masing-masing sekolah. Guru juga diharapkan untuk mengembangkan soal-soal yang lebih kreatif dan kontekstual agar pembelajaran menjadi lebih menarik dan relevan bagi siswa.
Dengan memahami dan menghargai keragaman yang ada di Indonesia, diharapkan siswa dapat tumbuh menjadi generasi muda yang toleran, inklusif, dan cinta tanah air.